Kabar Terbaru

Lebih Spesifik Aturan Baru di WSBK & WSS300 #2019

Musim 2019 akan menjadi kali pertama ajang World Superbike menggelar balapan tiga kali dalam satu pekan. Sejak musim 1988, WorldSBK rutin menjalankan dua balapan per event yang mana kemudian dipisah Sabtu dan Minggu musim 2016 dengan tujuan meningkatkan jumlah penonton di sirkuit.

Akan tetapi dipisahnya antara race pertama dan kedua ternyata tak membuat WSBK di banjiri penonton. Nah, Dorna berusaha mencari solusi agar tribun lebih di isi banyak penonton saat balapan. Format baru pun dicetuskan untuk 2019. Para pembalap bakal bertarung dalam tiga balapan setiap akhir pekan.

Satu balapan (RAC1) akan digelar pada hari Sabtu siang waktu sirkuit bertempat yang gridnya ditentukan beradasarkan hasil sesi kualifikasi. Lalu di hari Minggu akan dilaksanakan 'Sprint Race', balapan dengan durasi balapan lebih pendek. Pada Minggu sorenya barulah dilaksanakan RAC2 yang grid nya ditentukan berdasarkan hasil race 'Sprint Race'. Untuk balapan WorldSBK di Eropa, Race 2 pada Sabtu dan Minggu digelar pukul 14:00 siang waktu setempat, sedangkan sprint race Minggu pukul 11:00 siang waktu setempat.

Ini berarti, format grid Race 2 – finis tiga besar dipindah ke baris ketiga dan pembalap posisi keempat start dari pole position, diikuti pembalap finis kelima (start kedua), keenam (start ketiga), ketujuh (start keempat) dan seterusnya tidak berlaku lagi di musim 2019.
Selain kelas WSBK, kelas WSS300 juga ditetapkan aturan baru karena banyak kontestan yang ikut di musim 2019. Untuk Musim 2019 nanti pembalap akan dibagi menajdi dua grup dimana semuanya akan menjalani Sesi Latihan Bebas ( FP ) sampai Kualifiaksi ( Sendiri ) dan di akhir sesi Kualifiaksi, Top30 dari Kedua Grup akan disatukan dan membentuk Top 30 dari Grid start. Pembalap Diluar ( lebih lambat ) dari Top 30 akan memperoleh satu lagi kesempatan yang akan menempatkan Top 6 dari mereka mengisi Grid 31 sampai 36. So bagaima menurut GPMania sekalian??

Tidak ada komentar