Kabar Terbaru

#2019: Kesimpulan Setelah Test MotoGP Valencia

Selesai sudah pelaksanaan dua hari tes pra musim kelas MotoGP untuk musim 2019 yang dilaksanakan di sirkuit Ricardo Tomo, Valencia di Spanyol. Apa yang dapat kita simpulkan pada tes pra musim persiapan MotoGP 2019 ini? Berikut pembahasannya.

Sebelum mulai membahas bisa dilihat kombinasi catatan waktu tes pra musim Valencia pada hari pertama dan kedua:

Kita awali dari kubu Honda. Kubu Honda pada test kali ini bisa dibilang lagi kurang beruntung. Kedua ridernya yakni Marc Marquez dan Jorge Lorenzo sedang mengalami cedera yang belum sepenuhnya sembuh. Honda membawa RCV 2019 yang masih belum final alias masih tahap awal.

Berhubung karena berbenturan masalah kontrak, Lorenzo belum bisa bilang apa-apa soal RCV ini. Sedangkan Marc yang dengan kondisi badan yang tidak fit 100% mengaku puas dengan jalannya sesi tes di Valencia ini karena HRC bekerja dengan fokus pada area mesin sesuai dengan yang dirinya harapkan musim 2018. Akan tetapi Honda masih mempunyai beberapa kelemahan di satu sisi dan juga RCV adalah motor yang memenangi kejuaraan, maka HRC akan berusaha melakukan perubahan secara bertahap agar arah pengembangannya tidak kehilangan arah.

Di pabrikan Yamaha, di tes kali ini membawa dua spek motor yang diberikan kepada ridernya, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Dan kedua pembalap inipun mengaku senang dengan kedua spek motor yang diberikan Yamaha di tes kali ini. Meskipun mengaku senang, kedua pembalap Yamaha ini juga kompak masih banyak kekurangan di bagian-bagian lain seperti akselerasi keluar tikungan dan juga degradasi ban belakang. Secara umum Vale melihat arah pengembangan M1 untuk 2019 sudah cukup sesuai dengan ekspektasinya.

Di kubu Ducati, kelihatannya hanya melakukan perubahan kecil-kecilan saja di GP19. Andrea Dovizioso yang sekarang sudah ditemani Danillo Petrucci sebagai rekan setim mengaku langsung nyaman dengan Ducati Desmo GP19 ini. Begitupun Petrux juga merasa sangat nyaman berada di atas GP19 pada saat melahap tikungan.

Seperti Yamaha, pabrikan Suzuki juga membawa dua spek motor di tes kali ini yakni Spek 2018 dan spek motor baru. Spek baru mendapat respon positif dari Rins usai melakukan banyak lap dengan kedua versi motor dan membuat perbandingan antara keduanya dengan sangat baik. Namun pada akhirnya Rins sanggup mencatatakan best laptime-nya justru dengan dengan GSX-RR spesifikasi 2018.

Selain itu Suzuki juga bakal kehilangan status konsesinya tahun depan. Itu berarti Suzuki harus bekerja lebih keras karena pengembangan mesin yang dibekukan selama musim kompetisi berjalan akan membuat mereka harus menentukan mesin dengan spek mana yang akan mereka pakai. Tentunya kejadian pada musim 2017 tidak boleh terulang, kesalahan seperti itu sangat krusial karena akan menyebabkan hasil yang buruk selama satu tahun, mirip dengan yang Yamaha alami tahun ini.

KTM menjadi pabrikan paling sering dalam melakukan perubahan-perubahan di MotoGP. Zarco sebagai pembalap pabrikan KTM musim depan mengaku KTM RC16 lebih buruk dari yang ia sangka sebelumnya. Berada di posisi 20 terpaut sejauh 1.752 detik dari Maverick Vinales pada time sheet, membuat Zarco harus jatuh bangun demi memperbaiki laptime nya namun sayangnya sampai sesi berakhir dirinya tidak bisa tampil lebih baik lagi.

Namun rekan setimnya, Pol Espargaro justru memberikan respon positif. Pol Espargaro pada sesi Valencia test ini mampu menyelesaikan 47 lap pada Hari ke 2 dengan bertengger di posisi 13 waktu terbaik dan berjarak 0,871 detik dari Vinales.

Iannone yang debut di motor Aprilia mengatakan bahwa motor Aprilia tidaklah seburuk yang ia sangka. Masih banyak hal positif dari RS-GP yang bisa ditingkatkan lebih jauh lagi. Iannone menggunakan dua spesifikasi RS-GP yang berbeda sat Valencia test. Merasa dirinya perlu beradaptasi lebih jauh dengan motor, Iannone mengaku perlu waktu sebelum menentukan spek mana yang lebih baik untuk Aprilia gunakan pada musim 2019 nanti.

Nah, kesimpulan pada sesi tes pra musim yang pertama ini adalah tes ini masih merupakan pengenalan para pembalap dengan spek motor mereka untuk MotoGP musim 2019 mendatang. Masih akan ada 3 tes lagi untuk melihat kesiapan para pembalap pada MotoGP musim 2019 mendatang. Tes selanjutnya akan dilaksanakan di sirkuit Jerez-Angle Nieto di Spanyol pada 28 dan 29 November.

Tidak ada komentar