Kabar Terbaru

Update Regulasi MotoGP - 14/06/2018

Jelang GP Catalunya pekan ini, Komisi Grand Prix yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna, Chairman), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA), dibantu oleh Carlos Ezpeleta (Dorna), Mike Trimby (IRTA) dan Corrado Cecchinelli (Director of Technology) melakukan rapat pada tanggal 12 Juni 2018 kemarin.

Rapat tersebut menghasilkan update regulasi terbaru untuk ajang MotoGP yang berkaitan dengan ban kualifikasi, pembatasan tes dan regulasi soal airibag. Berikut detailnya:

1. Ban untuk sesi kualifikasi
Sebelumnya rider yang mengikuti Q1-Q2 bisa diberikan jatah ban belakang ekstra. Nah sekarang, para pembalap juga akan diberikan jatah ban depan ekstra tentunya dengan ban belakang ekstra juga.

Jika sesi kualifikasi berjalan dalam kondisi basah, tentunya ban ekstranya akan ban basah. Namun apabila jika di Q1 basah dan Q2 kering, tak akan ada jatah ban ekstra untuk pembalap.

2.Pembatasan Tes untuk kelas MotoGP
Karena bertambahnya jumlah race di kalender, Komisi Grand Prix telah setuju untuk mengurangi jumlah hari yang diizinkan untuk para pembalap reguler yang akan menjalani tes. (Tes yang dikurangi jatahnya adalah tes privat, bukan tes resmi yang dilangsungkan panitia MotoGP.)

3. Regulasi Airbag pembalap
Baju balap berteknologi airbag wajib dipakai hukumnya sekarang untuk para pembalap regular. Sedangkan untuk pembalap wildcard/pembalap pengganti baju berteknologi airbag menjadi wajib saat pembalap tersebut mengikuti race lebih dari sekali. Baju balap berteknologi airbag wajib digunakan di setiap sesi yang diikuti.

NP: Sesi FP4, Q1-Q2 dianggap sebagai satu sesi karena tak mungkin para pembalap sempat mengganti baju balap karena keterbatasan waktu.

Sekian yang dapat admin infokan hari ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar