Kabar Terbaru

Cerita Tikungan 13 Jerez..

Tikungan ke-13 sirkuit Jerez, Spanyol. Sejak sirkuit Jerez dipakai untuk menggelar ajang MotoGP pada tahun 1987 lalu, sudah tiga kali terjadi momen seru dan fenomenal yang terjadi di tikungan yang sekarang bernama Lorenzo corner ini. Momen tersebut selalu melibatkan 2 'aktor' yang sedang bersaing di balapan. Kapan sajakah itu? bisa dilihat dibawah ini.

1. Mick Doohan vs Alex Criville, GP Spanyol 1996
Berstatus sebagai tuan rumah Alex Criville berhasil mendominasi jalannya balapan hingga memasuki lap-lap terakhir, dimana Mick Doohan mulai mendekat dan mengancam posisinya. Memasuki putaran terakhir drama langka tersaji di tikungan 9. Dimana para penonton pendukung tuan rumah turun ke sisi gravel track.

Melewati kerumunan penonton yang turun ke jalan Doohan justru dapat merapatkan jaraknya dengan Criville. Hingga tiba di tikungan terakhir Criville yang lengah dengan memberikan ruang untuk Doohan menyusul harus rela dilewati oleh Doohan dari sisi dalam. Criville yang sepertinya 'terkejut' di potong Doohan membuat kesalahan dan terpental serta tak dapat finish. Balapan sendiri akhirnya dimenangkan Mick Doohan.

2. Valentino Rossi vs Sete Gibernau, GP Spanyol 2005
Hubungan keduanya memang memanas sejak akhir musim 2004 kala itu, Rossi tentu saja tak mau mengalah kepada rivalnya, Sete Gibernau. Memasuki putaran terakhir Rossi masih memimpin balapan dengan dibuntuti oleh Gibernau. Drama dimulai ketika keduanya tiba di tikungan ke-6. Rossi yang melebar membuatnya mampu dilibas oleh Gibernau.

Ia kembali menyusul Gibernau pada tikungan ke-11, namun upayanya belum berhasil karena hampir membuatnya terjatuh dan sempat melebar, sehingga Gibernau mampu kembali berada di posisi pertama. Tahu tak ada kesempatan lagi, Rossi memotong Gibernau dengan celah sempit di tikungan terkahir yang tentu saja membuat Gibernau harus 'mengalah' dan keluar trek. Balapan akhirnya dimenangkan Valentino Rossi disusul Gibernau yang berhasil tetap finish di posisi kedua.

3. Marc Marquez vs Jorge Lorenzo, GP Spanyol 2013
Pertarungan kali ini memperebutkan posisi kedua antara sesama pembalap Spanyol, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Marc terus menempel Jorge pada putaran terakhir balapan di Sirkuit Jerez 2013. Tak ada overtaking hingga satu tikungan tersisa. Melihat celah terbuka pada sisi dalam dengan beraninya Marc masuk ke sisi dalam untuk melewati kompatriotnya itu.

Mirip seperti GP Spanyol 2005, Jorge Loernzo keluar trek dan Marc akhirnya unggul atas Jorge dengan menempati posisi kedua sementara Jorge finis ketiga.

Ya itulah tiga momen fenomenal yang terjadi di tikungan terakhir sirkuit Jerez, Spanyol. Jika ada yang admin lewatkan, boleh tambahkan di kolom komentar.