Menunggu Gebrakan KTM di MotoGP..

Pabrikan asal Austria, KTM Sepanjang 7 seri MotoGP sudah digelar, mereka terus menggenjot persiapan mereka menuju MotoGP 2017. Setelah melakukan tes pembuka di Red Bull Ring, Spielberg, Austria tahun lalu; KTM melanjutkan tes intensif motor RC16 dengan melibatkan total empat orang pebalap sejak Februari silam.

Test pertama mereka musim ini dilaksanakan di sirkuit Jerez, Spanyol pada 19-21 Februari lalu, Dalam test tersebut KTM menurunkan Mika Kallio (Finlandia), Alex Hofmann (Jerman), dan Randy de Puniet (Prancis). Namun sayangnya, kondisi cuaca berubah-ubah.
Mika Kallio in Action..
Dalam test Jerez ini, KTM lebih mengutamakan mengumpulkan data dasar teknis motor, ditambah dengan mengetes kendali traksi, kecepatan, suspensi dan rangka RC16.

KTM kemudian melanjutkan program tes di Sirkuit Brno, Republik Ceko, pada 28-29 April. De Puniet dan Kallio kembali terlibat. Namun lagi-lagi cuaca yang tak jelas kembali mengganggu jalannya test. Pada tes kali ini, KTM fokus pada ergonomi, kendali traksi, engine brake, dan sasis. Walaupun diganggu cuaca buruk, Kallio, De Puniet, dan Leitner menilai tes tetap berlangsung positif.
Aksi Karel Abraham saat test KTM di Brno
Pada tanggal 3-5 Mei lalu, Tes berlanjut di Sirkuit Marco Simoncelli, Misano. Untuk pertama kalinya, KTM mendapat cuaca mendukung dengan suhu aspal lintasan cukup ideal 30 derajat celcius dan cuaca 20 derajat celcius. Di test kali ini, Mika Kallio dan pembalap debutan KTM, Karel Abraham yang turun ke lintasan.

KTM mengatakan akan melaksanakan test sekali lagi, namun Laman resmi KTM Sport belum melansir kaman dan di mana tes berikut bakal digelar. Mereka hanya menjelaskan tes berikut melibatkan Hofmann dan Kallio. Dan saat tes itu digelar, pabrik KTM di Mattighofen dan Munderfing (Austria) akan mengembangkan RC16 (nama mesin KTM MotoGP) lebih lanjut.

Di musim 2016 ini, KTM bisa saja dapat jatah wildcard di seri kandang, GP Austria Agustus nanti ataupun di seri pamungkas, GP Valencia November mendatang. Bisakah KTM menjelma jadi pabrikan yang kompetitif di MotoGP??
Powered by Blogger.