Kabar Terbaru

Cerita 'Last Chicane' Sirkuit Assen Belanda

Bicara soal GP Belanda pasti akan tersebut sirkuit Assen, bicara sirkuit Assen pasti hal yang mencolok dalam sirkuit tersebut adalah drama di chicane terakhir jelang finish. FYI, Chicane terakhir terakhir tersebut bernama GT Corner, nama GT diambil dari nama pembalap asal Belanda.

Geert Timmer yang dimana berhasil memenangkan beberapa seri di kelas 175cc di Assen tahun 1926 , kemudian tahun 1931, 1932 dan 1936 ia menjadi rider terbaik asal Belanda di kelas 250cc Setelah aktif dibeberapa event balapan dia “gantung helm” dan ikut aktif sebagai komite sebuah event balap dan namanya diabadikan pada tikungan yang fenomenal di Assen

Oke kembali ke Cerita 'Last Chicane' Sirkuit Assen Belanda, tercatat sejak era MotoGP modern dilaksanakan, sudah tiga kali terjadi momen seru dan fenomenal yang terjadi di GT Corner ini. Uniknya, momen seru ini selalu hanya melibatkan dua pembalap. Kapan sajakah itu? bisa dilihat dibawah ini.

1. Checa vs Ukawa, GP Belanda 2002
Dalam balapan ini, Ukawa dan Cecha sedang memperebutkan posisi akhir podium, menuju ke chicane terakhir, Checa sudah berada di depan Ukawa, namun ukawa tetap memaksa masuk ke sisi dalam Checa, pada akhirnya kedua pembala ini keluar jalur, sialnya Ukawa keluar ke sisi trik berumput yang licin dan jatuh, Checa lebih beruntung karena keluar di sisi trek yang berpasir dan memenangkan duel dengan finish di posisi ketiga. Ukawa sendiri masih bisa bangkit dan finish di posisi lima.


2. Hayden vs Edwards, GP Belanda 2006
Rossi yang cidera saat latihan bebas, membuat Edwards mendapat dukungan penuh dari Yamaha. Sepanjang balapan Edwards dan Hayden selalu Battle tiap lap hingga mereka menuju ke chicane terakhir, Edwards yang ingin meraih kemenangan pertamanya mencoba masuk dari sisi dalam Hayden, Akhirnya mereka berdua keluar jalur, sama seperti Ukawa, malangnya Edwards melintasi sisi trek berumput yang licin dan terpental, Hayden pada akhirnya memenangkan balapan sementara Edwards finish di posisi tiga belas.


3. Rossi vs Marquez, GP Belanda 2015
Rossi yang memang tampil kuat di sirkuit ini, memimpin sepanjang balapan sementara Marquez terus mengekor. Lap-lap akhir Marquez mulai melawan namun pimpinan balapan kembali diambil alih oleh Rossi. Memasuki chicane terakhir, melihat ada sedikit celah, Marquez mencoba masuk ke sisi dalam Rossi hingga terjadi benturan antara keduanya. Rossi mau tidak mau harus memotong jalur ke sisi trek berpasir dan memenangkan balapan sementara Marquez finish di posisi kedua.

Ya itulah tiga momen fenomenal yang terjadi di chicane terakhir sirkuit Assen, Belanda di era MotoGP Modern. Jika ada yang admin lewatkan, boleh tambahkan di kolom komentar.