Rabat, Tanpa Saingan Musim Ini

Judunya tidak salah GPMania :D, ya itu karena memang Tito Rabat akan mudah mendapat gelar Rookie Of The Year musim ini. Seba MotoGP 2016 cuma akan menghadirkan satu rookie. Ia adalah Esteve "Tito" Rabat, pebalap 26 tahun yang sebelumnya kenyang pengalaman di 125cc dan Moto2.

Sangat berbanding terbalik dengan musim lalu, yang mempunya 5 Rookie yaitu Maverick Vinales, Loris Baz, Eugene Laverty, dan Jack Miller, musim ini cuma ada nama Rabat sebagai pendatang baru di MotoGP.

Pada usia yang menginjak angka 27 pada 25 Mei nanti, Rabat memang bukan anak baru di lintasan balap. Tapi memang baru musim ini ia berkesempatan tampil di MotoGP.

Rabat memulai karirnya pada tahun 2005, Rabat sempat enam musim berada di kelas 125cc dengan menunggangi motor Honda, KTM, dan Aprilia. Posisi enam musim 2010 jadi hasil terbaiknya di kelas ini. Mulai 2011, dia naik kelas ke Moto2, dan sempat bertarung dengan pembalap-pembalap muda seperti Marc Marquez, Pol Espargaro, dan Vinales.

Selama lima musim di Moto2, prestasi terbaik Rabat adalah meraih gelar juara dunia di musim 2014 bersama tim Marc VDS di atas motor Kalex. Setelah penantian 11 musim, baru pada tahun 2016 ini Rabat bakal tampil di kelas primer setelah pada bulan Oktober lalu ditunjuk tim Marc VDS MotoGP.

"Target hidupku dulu adalah, pertama-tama, menembus MotoGP dan kemudian mengukir hasil di kelas primer," ucap Rabat sepeti dikutip Autosport, usai dikonfirmasi tampil di MotoGP.

"Aku tahu naik ke kelas MotoGP dengan motor pabrikan Honda RC213V takkan mudah, tapi aku punya waktu sepanjang musim dingin untuk mempersiapkan, guna memastikan aku cukup siap dan oke untuk tes pramusim," lanjutnya ketika itu.

Namun, dengan melihat pencapainnya di dua tes resmi yang diadakan MotoGP, Rabat terlihat masih punya banyak PR untuk dilakukan.

"Buatku, penting untuk membuat peningkatan selangkah demi selangkah alih-alih langsung berusaha lari sebelum lancar berjalan dan mengambil risiko crash besar. Saya meninggalkan Phillip Island dengan gembira dan saya tak sabar kembali ke atas motor di Qatar," ucapnya di Crash.net usai tes lalu.
Powered by Blogger.