Berita Terbaru

Soal Yamaha Ubah Posisi Tangki, Ini Alasannya

Untuk bertarung di musim 2016, Tim yamaha melakukan beberapa perbahan pada motor mereka. Yaitu pada tangki yang dipindahkan ke buntut YZR-M1.

Sebenarnya sudah perubahan ini sudah di tes lebih dahulu pada balapan MotoGP Jepang lalu oleh Katsuyuki Nakasuga. Di balapan itu Nakasuga berhasil finish di posisi delapan. Sementara itu Rossi dan Lorenzo mengendarai motor ini pada tes privat di Aragon lalu dan di tes pra musim di Valencia.

“Mesin 2016 yang kami coba di Aragon adalah motor yang telah disesuaikan dengan ban Michelin agar mendapatkan performa terbaik. Tangki bahan bakar sekarang berada di bagian belakang, yang sebelumnya berada di depan.” kata Lorenzo dikutip crash.

Perubahan posisi tangki tidak hanya untuk menyesuaikan ban Michelin saja, tapi juga karena ada perubahan jumlah bahan bakar menjadi 22 liter di musim depan.

“Ini bukan hanya keseimbangan grip yang berbeda dengan Michelin, tapi kami juga punya dua liter bahan bakar lebih banyak musim depan jadi perlu membuat volume yang lebih besar untuk mencari lebih banyak ruang.” kata Zeelenberg.

“Kami masih belum memutuskan untuk benar-benar menggunakan tangki dengan setup seperti ini. Kami tahu kami punya dua liter bahan bakar lebih untuk musim depan jadi ide ini dimunculkan dan kami mencobanya.” lanjutnya.

“Pada dasarnya kami tetap bisa menaruhnya di depan, tetapi di sana juga ada airbox, jika kami membuat airbox yang kecil maka akan menjadi masalah baru.” tutupnya.