MotoGP Assen, Balapan Unik yang Digelar Hari Sabtu

Assen kali pertama menggelar balapan MotoGP pada hari Sabtu sejak 1925 silam. (Foto: MotoGP.com) 
Unik. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan seri MotoGP di Sirkuit Assen, Belanda. Balapan tidak digelar pada Minggu, melainkan hari Sabtu. Ada sejarah panjang di balik alasan mengapa MotoGP Assen digelar pada Sabtu.
Assen merupakan satu-satunya sirkuit yang menggelar Grand Prix secara rutin, tepatnya sejak World Championship diresmikan pada 1949. Kali pertama Assen menggelar balapan di Belanda adalah hari Sabtu pada 1925 silam. Namun, balapan sempat dihentikan pada 1940 sampai 1945 karena Perang Dunia II.
"Pada 1925, balapan yang pertama adalah Dutch TT bukan di Assen. Saat itu, balapan digelar di sebuah desa bernama Rolde, berjarak tujuh kilometer dari timur Assen," terang Egbert Braakman, Race Secretary di Assen antara 1970 dan 2006.
"Alasan mengapa digelar Sabtu karena ada gereja yang jaraknya dekat dengan area start/finis. Dewan Kota tidak ingin balapan mengganggu warga ketika beribadah di gereja pada Minggu, ditambah semua jalanan juga ditutup hari itu. Karena alasan itulah, maka diputuskan balapan digelar pada Sabtu. Dan ternyata berjalan sukses, maka kamipun lalu melanjutkan untuk selalu menggelar setiap hari Sabtu.
"Sekarang, kami memiliki tradisi menggelar pada Sabtu, di saat semua balapan di sirkuit lain digelar hari Minggu," tandasnya kepadaMotoGP.com.
Kendati berbeda dari kalender seri balap lainnya, hal itu justru menjadikan Assen semakin unik. Bahkan, menggelar balapan pada Sabtu mampu mendatangkan keuntungan dari banyaknya jumlah fans untuk datang langsung ke sirkuit.
"Pada 1970-an dan 1980-an, kami memiliki banyak penonton dari Skandinavia dan wilayah utara Jerman. Saat itu, kami juga memiliki pekan balapan dengan nama 'Speed Week', diawali dari European Championship pada Senin dan Selasa, dan lalu diikuti dengan Grand Prix hingga akhir pekan," ucap Braakman.
"Penonton tiba pada Minggu dan tetap bertahan selama seminggu penuh di sirkuit. Mereka juga sampai mendirikan tenda. Usai balapan, mereka lalu kembali ke rumah dan kembali bekerja pada Senin pagi!," tukasnya.
Yang menarik, walau MotoGP di Assen berlangsung pada Sabtu, balapan World Superbike (WSBK) justru tetap digelar hari Minggu. Mengomentari akan hal ini, Valentino Rossi pun pernah melontarkan pernyataan kocak.
"Karena trek dekat dengan gereja dan pendeta tidak ingin terganggu dengan bisingnya suara motor saat hari Minggu, maka mereka memutuskan agar balapan digelar pada Sabtu. Itulah alasannya," kata The Doctor dalam konferensi pers jelang MotoGP Assen 2014 lalu.
"Tapi, itu aneh karena Superbike tetap hari Minggu. Mungkin pendeta lebih suka Superbike!," imbuhnya yang langsung mengundang tawa dari para media. (SMS)
 Source : http://msports.net/
Powered by Blogger.