Kabar Terbaru

Rossi Mugello Special Helmet..

Valentino Rossi dikenal sebagai pemegang livery helm terbanyak yang admin tahu :D. Dan setiap MotoGP di gelar di Italia dan San Marino, Rossi selalu menampilkan livery berbeda di setiap seri GP Italia. Semua helmnya di design oleh Aldo Drudi. Berikut ini adalah Helm yang pernah di tampilkan Rossi saat di GP Italia + semenjak tahun 2008, Rossi menampilkan livery helm yang berbeda juga di GP San Marino.

1. AGV - TRICOLORE - IMOLA 1998

Race di Imola tahun 1998 menjadi awal langkah rossi menjadi juara,dan rossi tampil memakai helm dengan motif hijau putih merah seperti bendera itali.Drudi merancang helm ini dengan corak yang simpel namun menarik.Pada race ini,rambut rossi pun di cat agar sesuai dengan warna helmnya

2. AGV - LOVE & PEACE - MUGELLO 1999

Tulisan Valentipeace and Love diatas helm ini,menurut rossi adalah sebagai bentuk penghargaan bagi kedamaian dan cinta.Kartun berbentuk angka dibagian belakang berasal dari kartun itali "Paparinik" yang kemudian di modifikasi rossi sesuai stylenya menjadi "Valentinik".

3. AGV - HAWAIIAN - MUGELLO 2001

Helm style hawaiian ini adalah hasil rancangan Aldo Drudi,mengambil konsep bunga.Warna dominannya biru dengan taburan bunga sepatu di setiap sisi helm.Gambar wajah rossi dipasang di bagian depan,sementara di bagian belakang terdapat gambar bulan.

4. AGV - GRAZIANO TRIBUTE - MUGELLO 2002
Helm ini digunakan rossi untuk menghormati ayahnya yang juga menjadi pembalap MotoGp di usia mudanya.Desain helm sama persis seperti helm yang dipakai ayahnya dengan warna putih sebagai background utama.Warna bendera itali terlihat melilit di sepanjang helm dan angka 46 tersemat di sisi atas helm.Pada bagian belakang terdapat gambar 22 ikon yang mewakili kepribadian rossi seperti gambar pizzaa,spagheti,bola dan lain-lain.

5. AGV - MUGELLO - MUGELLO 2003
Sesuai tradisi rossi yang suka gonta-ganti helm,di sirkuit mugello tahun 2003 rossi memilih desain baru untuk helmnya.Menggunakan warna dasar biru,helm ini juga dilengkapi beberapa tulisan berwarna putih.Tulisan "Rossi" melintang di atas helm,sedangkan bagian belakang terdapat tanda bintang berjumlah 6 seperti gelarnya saat itu.Pemilihan warna biru untuk helm ini terinspirasi dari kostum klub sepakbola Savoia Royal Family.

6. AGV - WOODEN HELMET - MUGELLO 2004
Rossi memakai helm buatan Drudi ini untuk mengungkapkan perasaannya saat pertama kalinya gagal mendapat podium bersama honda di tahun 2000.Desainnya dibuat menyerupai kayu,karena dengan gambar kayu memiliki filosofi sendiri.Rossi mengatakan,jika dalam tradisi itali,jika seseorang memperoleh posisi ke 4 dalam kompetisi,maka dia akan memperoleh medali kayu.Ide itulah yang membuat rossi tertarik menciptakan desain helm bercorak kayu

7. AGV - THE DOCTOR OR LL LAUREATO HELMET - MUGELLO 2005
Desain helm ini menggunakan karikatur wajah rossi yang disesuaikan dengan gelarnya,yaitu The Doctor.Di bagian atas helm terdapat tulisan yang mengitarinya berbunyi "Valentino dottore per davvero" yang artinya Valentino benar-benar doktor.Bendera khas italia juga terlihat jelas menutupi bagian samping dan belakang helm.Pada sisi belakang dilengkapi juga denga tulisan Il Laureato.

8. AGV - MANARA HELMET - MUGELLO 2006
Tidak seperti kebanyakan helm rossi yang di desain dengan gambar matahari dan bulan,helm ini sedikit berbeda karena menampilkan kehidupan rossi dalam format komik.Sisi sebelah kanan dan kiri terlihat gambar Enzo Ferrari dan Steve Mc Queen.Dibagian atas terbagi menjadi 4 kotak dan di isi dengan gambar anjing milik rossi,ayam osvaldo (sponsor) dan gambar gadis terkenal dari manara.Di sisi belakang ada nomor 74,sebagai penghormatan atas meninggalnya pembalap motogp,Daijiro Kato.

9. AGV - ROSSI HEART - MUGELLO 2007
Helm ini memperlihatkan gambar hati yang besar,menandakan hati rossi yang telah menyatu dengan yamaha YZR M-1,sekaligus untuk menampik isu bahwa rossi akan pindah ke F-1 pada musim berikutnya.

10. AGV - ROSSI FACE - MUGELLO 2008
Helm ini terlihat sangat lucu karena terdapat wajah rossi dengan ekspresi terkejut dan juga senang karena bisa menunggangi yamaha YZR M-1 di sirkut kebanggaannya sendiri.Rossi menyatakan gambar helm ini bukan sekedar gambar biasa,itu merupakan ekspresi nyata dirinya saat melakukan pengereman di mugello.

11. AGV - HOMETOWN - MISANO 2008
Helm bergambar rumah ini sengaja di desain hanya untuk berlaga di sirkuit misano saja.Gambarnya sendiri bermakna Rossi pulang ke rumahnya/misano sebagai home racenya rossi.Di bagian atas pintu rumah terdapat angka 46 sebagai tanda bahwa itu rossi,dan ada pula anjing buldog kesayangan rossi sedang tiduran di bawah.Grafis ini sekaligus menandakan rossi yang kembali lagi ke italia setelah sebelumnya bersengketa karena urusan pajak.

12. AGV - ROSSI HANDS - MUGELLO 2009
Seperti kebiasaannya menciptakan desain unik,Rossi pernah juga memakai helm dengan desain tangan.gambarnya menunjukkan kedua tangan rossi yang sedang memegang kepala.2 anjing buldog peliharaan rossi juga di tampilkan di helm ini.Dan pada bagian atas kaca helm terlihat tulisan "Tribu dei chihuahua"

13. AGV - ROSSI DONKEY - MISANO 2009
Helm ini di desain oleh Aldo Drudi,dengan gambar keledai sebagai tanda sindiran rossi terhadap dirinya sendiri yang melakukan kesalahan kecil dan terjatuh saat melawan lorenzo di seri sebelumnya.Konsep helm ini masih sama seperti helm "my face" hanya saja wajah rossi di helm "my face" diganti dengan keledai beserta tulisan The Doctor juga di rubah menjadi The Donkey.

14. AGV - JOLY JOKER - MUGELLO 2010
Di tahun 2010 Rossi sempat memakai helm buatan Aldo Drudi ini dengan gambar joker diantara 4 kartu remi.Terlihat juga gambar logo yamaha diantara kedua topi joker.

15. AGV - TIME TO WAKE UP - MISANO 2010
Desain helm raksasa ini memiliki 2 arti,pertama untuk menandakan sudah saatnya bagi Rossi untuk bangkit kembali setelah absen di 4 seri karena patah kaki dan mendapat hasil kurang memuaskan di indianapolis.Kedua,untuk mengingatkan kebiasaan buruk Rossi.Rossi menuturkan "Helm ini sebagai sindiran kepada saya karena sering terlambat.Kami telah memasang jam besar di helm ini dengan harapan dapat menjalani seri dengan tepat waktu".

16. AGV - ROSSI EYE - MUGELLO 2011
Seperti namanya, Helm ini memuat mata Rossi dengan besar. Kata Aldo Drudi, Helm ini memiliki dua makna yaitu: hati-hati karena Mugello dapat menyiksa Anda, dan juga waspada karena cepat atau lambat banyak hal akan berbalik …”, penjelasan Aldo Drudi seperti dikutip oleh GPone.

17. AGV - WTF - MISANO 2011
Prestasi yang tengah surut tidak menghalangi Valentino Rossi untuk tampil beda. Seperti tradisi yang sudah-sudah, Rossi selalu memakai helm dengan corak khusus saat berlaga di sirkuit Mugello dan Misano. Untuk musim ini, The Doctor kembali menunjukkan helm barunya yang tentu saja seperti biasa dirancang oleh Aldo Drudi. Belum begitu jelas apa temanya, yang pasti helm tersebut brisikan beberapa gambar layaknya sebuah komik.Menurut Alex Briggs (salah satu kru mekanik Rossi) yang disampaikan melalui account Twitter-nya, makna helm Rossi kali ini jika di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris adalah: WTF (What The F***).Sebuah kalimat yang termasuk “kotor”. Mungkin mencerminkan kegundahan hati atau kemarahan The Doctor. Dan jika diperhatikan sih gambar-gambar disana memang menunjukkan sebuah kekacauan.

18. AGV - ”Restiamo Uniti” - MUGELLO 2012
Seri Mugello selalu spesial, musim 2012 saat itu Helm Rossi tergambarkan tokoh Idola penyanyi italia Gianni Morandi yang terkenal. tertuliskan juga kata “Restiamo Uniti” yang berarti “Tetaplah Bersama”. Helm ini ditujukan khusus untuk kru Ducati agar tetap semangat menjalani masa sulit.

19. AGV - ”Come Vado” - MISANO 2012
Helm spesial lainnya yang dipakai Rossi di kampung halamannya di Misano. Di helm ini tergambarkan Karikatur Rossi yang babak belur dan mengatakan “Come Vado?” atau ” How am i doing?” helm ini menggambarkan masa sulit Rossi selama menjadi Rider Ducati.

20. AGV - TURTLE - MUGELLO 2013
Helm ini digunakan Rossi pada seri kelima MotoGp 2013.Desain gambarnya memakai kartun kura-kura,rossi menganggap dirinya masih lambat dibanding pembalap lainnya meskipun saat itu sudah kembali ke yamaha.Di sisi samping terdapat 4 gambar orang yang berlari.Pelari terdepan berwarna orange,yang kedua berwarna merah dan ketiga berwarna biru.Warna itu menggambarkan marquez,pedrossa dan lorenzo.Dan pelari ke 4 berwarna kuning dengan gaya susah payah mengejar pelari di depannya.Pelari kuning ini di ibaratkan sebagai rossi.Rossi memang suka dengan kura-kura.Saat masih kecil dia merengek pada ibunya minta di belikan boneka kura-kura.Setelah di belikan kura-kura,rossi menempelkannya pada helm dan selalu dipakai setiap balapan minimoto.

21. AGV - WISH YOU WERE HERE - MISANO 2013
Helm ini sepertinya untuk mengenang sohibnya. Itu terlihat di kata 'Wish You Were Here' pada helm tersebut.
Rossi mengambil gambar sampul salah satu album band Pink Floyd untuk dijadikan grafis di helmnya.

22. AGV - ? - MUGELLO 2014
Tunggu saja helemnya pada tanggal 6 Juni nanti... :D

Referensi : Media2Give & Valentino rossi blog